RSS

Advance Progressive Matrice

04 Oct

Image

Raven’s Progressive Matrices yang biasa di singkat RPM merupakan salah satu bentuk tes psikologi  nonverbal yang digunakan dalam pengukuran potensi kecerdasan umum siswa. Tes ini dikembangkan oleh DR. Jhon C. Raven seorang psikolog berkebangsaan inggris untuk keperluan riset dalam bidang psikometri.  Awalnya RPM dikembangkan untuk anak-anak usia 5 tahun keatas yang dikenal dengan Standart progressive matrice. Kemudian pada tahun 1938 DR. Jhon.C Raven mengembangkan lebih lanjut RPM menjadi versi yang lebih tinggi yang digunakan sebagai  tes pengukuran intelejensi bagi orang dewasa yang dikenal dengan Advance Progressive  Matrice.

Raven test di desain untuk mengukur reasoing ability (daya nalar) dan meaning making yakni kemampuan seseorang dalam membentuk makna. Kedua hal tersebut merupakan komponen dari teori Spearman tentang gFactor. gFactor yang sering dimaksud dengan general Intelligence atau kecerdasan umum adalah sebuah konstuk yang dikembangkan dalam medan keilmuan psikometri. Ia merupakan variabel yang ditemukan secara orisinil oleh C. Spearman. Dalam penelitiannya C. Spearman dengan judul, General ntelligence, Objectively  Determined & Measured yang dimuat dalam American jurnal of psychology Vol.15. No.02 (April,. 1904) mengungkap bahwa  gfactor adalah sebuah variabel yang memiliki korelasi yang positif terhadap kemampuan-kemampuan kognitif lainnya seperti verbal, numerical dan lain-lain.

Lebih lanjut C. Spearman menemukan fakta bahwa performa dari prestasi belajar anak-anak disekolah pada mata pelajaran yang berbeda dan tidak saling berhubungan ternyata memiliki korelasi yang tinggi hal ini di tunjukkan bahwa anak-anak yang memiliki kecerdasan yang baik, mereka cenderung memperoleh prestasi yang baik juga pada umumnya mata pelajaran dengan subjek  yang berbeda. Dari fakta tersebut Spearman mengajukan hipotesis bahwa korelasi tersebut menunjukkan keberadaan General mental Ability (Kemampuan Mental Umum) yang mempengaruhi peforma  prestasi belajar siswa dalam ruang lingkup mata pelajaran yang berbeda.  Dalam penelitian juga di ungkapkan bahwa tes psikologi pada umumnya dirancang untuk mengukur aspek konitif yang berbeda seperti kemampuan matematis, verbal, memori dan kemampuan visual-spatial. Namun tatkala seseorang mampu mengerjakan dengan baik salah satu tes tersebut maka ia cenderung baik pada jenis tes yang lain. Sementara seseorang yang buruk pada satu tes maka ia cenderung buruk pada tes-tes yang lain. Walaupun telah berulang kali di lakukan tes yang berbeda dengan subjek penelitian yang berbeda tetap menunjukkan hasil yang sama yakni adanya korelasi yang antar prestasi pada ragam mata pelajaran yang berbeda yang menguatkan tesis tentang eksistensi gfactor dibalik korelasi positif antar prestasi pada ragam mata pelajaran.

Kebenaran dari teori spearman tentang keberadaan gFactor memiliki dasar yang  cukup kuat dalam pembuktian lewat metode statistik. Dan keberadaan teori ini di akui dikalangan expert dan bukan teori yang kontroversial. Keberadaan dari gFactor ini secara empiris juga didukung oleh bukti-bukti yang ditemukan oleh psikologi kognitif, fisiologi, molecular genetik dan anatomi otak. Kendati demikian teori tersebut tidak menjadi konsensus dikalangan para ahli.

Kembali pada raven Advance Progressive  Matrice yang merupakan instrumen yang digunakan untuk mengukur gFacto (Kecerdasan Umum). Kendati awalnya di desain sebagai instrumen penelitian, dikarenakan sifatnya yang praktis dan mudah digunakan ia menjadi populer digunakan baik dalam dunia pendidikan dan rekruitmen anggota militer. Di indonesia Advance Progressive  Matrice digunakan juga dalam psikotes rekruitmen anggota marinir baik tingkat prajurit hingga caba dan perwira. Mudah-mudahan penjelasan ini bermanfaat wa’allahu ‘alam.

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on October 4, 2013 in Umum

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: